RSS

Enam Hobi Yang Dapat Mengasah Otak Lebih Pintar




Enam Hobi Yang Dapat Mengasah Otak Lebih Pintar
Tidak semua hobi menjadi kegiatan yang hanya sekedar mengisi waktu luang saja. Ada beberapa hobi yang malah mendatangkan keuntungan bahkan menambah kepintaran otak kita. Berikut hobi yang dapat membuat otak Anda semakin pintar.
1.      Belajar Bahasa Asing

Apa Anda suka penasaran dan ingin mempelajari bahasa asing dan kebudayaan dari suatu negara? Nah, Kalau Anda suka mempelajari hal tersebut, ini merupakan hobi menguntungkan yang dapat menambah kemampuan Anda. Apabila anda mempelajari bahasa asing, Anda akan turut termotivasi dalam mendalami budaya dan sejarah negara tersebut.
Belajar bahasa juga dapat meningkatkan kemampuan otak, sehingga Anda lebih mudah menyelesaikan tugas karena otak yang sudah terlatih ketika belajar bahasa. Anda akan merasakan kemampuan otak semakin tajam dan mudah menghapal beberapa hal sekaligus.

2.      Hobi Video Games

Buat yang hobi bermain games, Anda tidak perlu pesimis dengan menganggap hobi Anda tidak memberikan manfaat. Permainan video games, memang di satu sisi dapat memberikan dampak buruk buat remaja karena beberapa hal negatif yang terdapat di beberapa jenis game. Namun, ada juga permainan yang dapat dilakukan untuk mengasah otak.
Hasil penelitian menyebutkan, hobi bermain video games bisa menambah daya kerja tangan dan mata juga dapat melatih kemampuan dalam mengambil keputusan. Anda lebih kritis dan mudah dalam menyelesaikan suatu tugas yang sulit.

3.      Puzzles

Banyak orang yang suka bermain puzzles. Menghubungan kepingan puzzle dan menjadikannya satu gambar utuh ternyata bisa memberi stimulasi dalam berpikir dan intelejensi otak. Tidak hanya membuat Anda pintar juga dapat melatih tingkat fokus dan konsentrasi lebih baik. Puzzle merupakan rutinitas sederhana yang dapat menekan berkurangnya kemampuan berpikir otak orang tua.

4.      Mengkoleksi Koin dan Benda Penting

Hobi lain yang mungkin unik adalah mengkoleksi sesuatu. Menyimpan sesuatu seperti koin, perangko atau benda lainnya dapat meningkatkan kita dalam memahami sejarah disekitar kita, atau jika hobi mengumpulkan benda seperti serangga, secara tidak sengaja dapat melatih kita menjadi ahli dalam memahami serangga.

5.       Membaca

Semua tahu, membaca tidak hanya menambah wawasan, namun juga meningkatkan kemampuan berbahasa lebih baik. Setiap buku memberikan sesuatu yang berbeda untuk pembacanya dengan membuat pembaca ber imajinasi. Membaca dapat membuat pikiran lebih kritis dan fokus.

6.      Musik

Hobi menguntungkan yang dapat membuat otak makin pintar yang satu ini merupakan hobi banyak orang. Seseorang yang suka musik atau bermain musik merupakan orang yang berbakat dan mempunyai intelejensi tinggi. Seperti ketika mempelajari bahasa, belajar musik sangat baik dilakukan ketika kita masih kecil. Selain menambah IQ dan EQ, musik bisa meningkatkan keahlian otak kiri dan kanan menjadi lebih baik. Tidak heran, pemain musik dapat lebih cepat menguasai matematika dan mempelajari bahasa dibanding yang lain.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Intan Maulidina Handayani. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates