RSS

10 Cara Mengatasi Munculnya Kantung Mata




10 Cara Mengatasi Munculnya Kantung Mata
Kantung mata yang menghitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari genetik, alergi, anemia, hingga kurang tidur. Kantung mata yang disebabkan oleh alergi maupun hidung tersumbat mungkin perlu mendapat penanganan khusus dari dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.
Namun pada umumnya, Anda bisa mencoba tips-tips di bawah ini untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata dan mencegahnya menjadi semakin parah.
Berikut ini 10 tips untuk membantu mengatasi munculnya kantung mata:
1.      Minum cukup air           
Kurang cairan di dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah meluas dan bengkak sehingga tampilannya semakin jelas terlihat. Pastikan Anda minum cukup air agar mata panda tidak muncul dan Anda tampak lebih segar.

2.      Memakai tabir surya     
Paparan sinar UV dapat melemahkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit menipis dan pembuluh darah di sekitar mata semakin terlihat. Gunakan tabir surya setidaknya dengan SPF 30 untuk mencegahnya.

3.      Cukup istirahat  
Kurang tidur dapat menyebabkan stres, mata sembab dan menghitam. Kulit juga tampak lebih pucat sehingga lingkaran hitam semakin jelas. Tidurlah selama tujuh hingga delapan jam sehari. Posisi tidur terbaik adalah terlentang karena jika Anda tidur dengan posisi tengkurap atau miring, cairan terkumpul di bawah mata akibat daya gravitasi. Gunakan dua bantal untuk menyangga kepala lebih tinggi untuk membantu menghindari penumpukan aliran darah di sekitar mata.

4.      Gunakan kantung teh dingin    
Suhu dingin dari kantung teh dapat membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata dan menyempitkan pembuluh darah. Jangan gunakan kantung teh herbal karena kandungan tannin di teh hitam merupakan bahan aktif. Gunakan selama 10 hingga 15 menit setiap pagi dan menjelang tidur.
5.      Manfaatkan irisan mentimun   
Sama seperti kantung teh, suhu dingin dari irisan mentimun juga dapat dimanfaatkan untuk mengompres mata. Mentimun juga mengandung astrigent yang dapat melancarkan peredaran darah. Anda dapat menggunakan irisan mentimun atau kantung teh yang telah dimasukkan ke dalam freezer. Gunakan selama 10 hingga 15 menit setiap pemakaian.

6.      Batasi konsumsi garam  
Konsumsi garam terlalu tinggi dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga pembuluh darah semakin jelas. Batasi konsumsi garam pada makanan Anda. Cobalah belajar untuk mengetahui makanan apa saja yang banyak mengandung garam.

7.      Gunakan krim vitamin K          
Meskipun penelitian belum mengamati penggunaan vitamin K untuk mengatasi lingkaran gelap di bawah mata, studi pendahuluan telah menemukan bahwa vitamin K dapat membantu merawat kulit yang lebam.

8.      Konsumsi vitamin C      
Vitamin C kaya akan antioksidan yan dapat menguatkan pembuluh darah dan meningkatkan elastisitas kulit. Vitamin yang banyak terdapat pada tomat dan jeruk ini juga dipercaya dapat mengatasi masalah penuaan kulit dan menjaga rona wajah agar tidak terlihat pucat sehingga kantung mata dapat tersamarkan.

9.      Konsumsi suplemen tambahan 
Suplemen tambahan seperti ekstrak biji anggur dan piknogenol yang mengandung pigmen antioksidan dapat menguatkan pembuluh nadi. Hanya saja, bagi Anda yang mengkonsumi obat yang dapat menipiskan kulit seperti Coumadin (warfarin) dan aspirin, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin menggunakan suplemen ini. Makanan tertentu seperti kranberi, bluberi, bilberi, teh (hijau dan hitam), kismis hitam (black currant), bawang, polong-polongan, dan peterseli juga mengandung pigmen oksidan tersebut.

10.  Makan makanan yang dapat menyimbangkan ginjal
Di pengobatan tradisional China, warna kebiru-biruan di bawah mata disebabkan karena adanya ketidakseimbangan energi ginjal. Makanlah makanan yang dapat membantu mengembalikan energi yang pada ginjal, di antaranya seperti lobster, sarden, udang, cengkeh, walnut, raspberi, buah kenari hijau, dan adas.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Intan Maulidina Handayani. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates