RSS

Bentuk – Bentuk Jaringan Komputer




Bentuk – Bentuk Jaringan Komputer
1.      Star

Beberapa node dihubungkan dengan suatu node pusat yang membentuk jaringan seperti bintang. Semua komunikasi ditangani dan diatur langsung oleh central node. Central node biasanya berupa komputer node lainnya yang beberapa terminal atau komputer mini atau mikro melalui suatu link.

2.      Hierarchical Tree Network
Jaringan ini berbentuk pohon yang bercabang yang terdiri dari central node dihubungkan dengan node lain secara berjenjang. Biasanya berupa mainframe sebagai host yang merupakan jenjang tertinggi yang bertugas mengkoordinasi dan menendalikan node jenjang dibawahnya yang dapat berupa mino computer atau microcomputer.


3.      Loop Network
Merupakan hubungan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Dalam bentuk ini tak ada central node atau host node, semua punya status yang sama.


4.      Bus Network
Bentuk ini menghubungkan beberapa node dalam jalur data (bus). Masing-masing niode dapat melakukan tugas-tugas operasi yang berbeda-beda, tidak ada central node.


5.      Ring Network
Bentuk ini merupakan gabungan bentuk loop dan bus network. Jika salah satu node tidak berfungsi atau rusak, maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node yang lainnya karena terpisah dari jalur data.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Intan Maulidina Handayani. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates